Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10, 8.1, 8 dan 7




Apakah anda sering mengalami laptop lemot bahkan hang yang disebabkan oleh Disk Usage menjadi 100% seperti gambar diatas. Pastinya sangat mengesalkan bukan. Jadi tenang aja sob jangan panik apalagi berfikir kalau laptop sobat udah mau rusak, disini saya akan membagikan tips untuk mengatasi hal tersebut. Tips ini saya dapat dari Om besar kita “Om Google” yang sudah saya coba dan alhamdulillah ada perubahan,, 😀 Ok silahkan sobat coba mudah-mudahan berhasil yah.. heheh


1. Periksa Virus atau Malware Pada Komputer.

Yang pertama ini tidak ada salahnya silahkan Anda cek dan scan komputer Anda terlebih dahulu dengan Antivirus andalan Anda atau jika anda menggunakan windows 10 dapat melakukan scaning dengan anti virus bawaaan yaitu Windows Defender Security Center. Karena pada beberapa kasus salah satu hal yang menyebabkan Disk Usage Anda menjadi 100% dikarenakan komputer sudah terinfeksi oleh malware atau virus. Karena virus atau malware mengurasi kinerja hardware komputer Anda termasuk menghabiskan kinerja HDD Anda. Untuk scan virus dan malware, saya merekomendasikan scan dengan Antivirus terkenal seperti Windows Defender Security Center, Eset, Avast, Bitdefender, Kaspersky yang sudah terpercaya.



2. Defrag Hardisk Anda Agar Performa Hardisk Milik Anda Meningkat.
Defrag Hardisk merupakan hal yang penting untuk menjaga hardisk Anda dari fragmentasi. Memang hal ini dianggap sepele oleh sebagian orang, tapi jika Anda tidak pernah mendefrag hardisk Anda dengan rajin paling tidak 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali maka lama-kelamaan umur Hardisk Anda akan menjadi pendek dikarenakan lambat laun hardisk Anda terfragmentasi.

Untuk sobat yang Belum Tahu Cara Defrag Harddisk, silahkan baca “Cara Defragment Hardisk (HardDrive) Pada Windows 10“.



3. Matikan Fitur Windows Search.
Pada Windows versi Windows 8, mungkin masih terdapat bug yang mengakibatkan Disk Usage menjadi 100% dan mungkin belum di Fix oleh pihak Microsoft. Bug ini juga sering terjadi pada Windows 10 Bug tersebut biasa dikenal dengan “Search Loop” yang meningkatkan proses Load pada System Drive. Untuk mengatasinya cukup mudah, Anda tinggal stop process “Windows Search” bisa sementara sampai komputer Anda reboot ataupun permanen.


Untuk mematikan secara sementara sampai komputer Anda reboot, buka Command Prompt (CMD) via Admin (ingat harus yang Admin jangan yang biasa). Anda dapat menemukannya dengan mengeklik kanan pada logo Start Menu. Lalu ketikkan perintah dibawah ini :


net.exe stop “Windows search”


Sedangkan untuk mematikan process Windows Search atau Indexing secara permanen, caranya tekan Win+R dan ketikkan services.msc dan klik OK atau tekan Enter. 


Setelah jendela Services terbuka, cari kebawah sampai Anda menemukan “Windows Search” lalu klik kanan dan klik Properties.

 


Pada Startup Type pilih Disabled dan jangan lupa klik Stop juga untuk menghentikan process Windows Search atau Indexing ini. Jika Anda masih bingung, lihat gambar dibawah ini.





4.Bersihkan Junk Files (File sampah) pada Komputer.
Junk File atau biasa dikenal dengan sebutan File Sampah dapat memperberat kinerja Hardisk Anda dan menyita ruang kosong Hardisk Anda. Jika dibiarkan sampai menumpuk bisa mengakibatkan ruang kosong di Hardisk Anda lama-kelamaan cepat habis dan tentunya bikin komputer lemot juga.
Untuk menghapus file sampah bisa pakai software seperti CCleaner atau Anda juga bisa menghapusnya manual tanpa software. Untuk informasi selengkapnya bisa cari di mbah Google sendiri. Jika ada waktu saya akan membahas bagaimana cara membersihkan file sampah di postingan selanjutnya.



5. Scan dan Repair Key Registry Anda.
Registry Key yang rusak, usang atau tidak terpakai biasanya usang dikarenakan misal Anda meng-uninstall aplikasi tidak tuntas sampai ke akar-akarnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan komputer Anda tidak bekerja maksimal. Untuk scan dan repair registry, Anda bisa menggunakan software CCleaner dan Smadav Antivirus karena kedua software tersebut terdapat fitur repair registry. CCleaner atau Smadav bagusan yang mana? Tentunya CCleaner donk karena software tersebut lebih difokuskan untuk hal-hal seperti membersihkan komputer dari file sampah, registry rusak / usang dan membersihkan cache atau cookie browser.


6. Disable XX Service.
Dalam beberapa alasan, XX Service menjadi salah satu masalah kinerja Disk yang bikin lemot komputer Anda terutama di Windows 10 dan 8. Untuk mengatasinya Anda harus mematikan XX Service melalui Command Prompt atau CMD.

Buka Command Prompt atau CMD via Admin seperti yang saya jelaskan di TIPS nomor 3. Lalu ketikkan perintah dibawah ini :


net.exe stop superfetch

Anda butuh beberapa saat untuk meningkatkan kembali kinerja komputer Anda. Selain itu, Anda juga harus melakukan Check Disk melalui Command Prompt:


chkdsk.exe /f /r

Setelah melakukan Check Disk, Anda diharuskan melakukan reboot / restart untuk menyelesaikan proses Check Disk.


7. Cek Versi Flash Browser Pada Komputer Anda.

Cobalah untuk mengecek Flash Anda, apakah versi Flash yang Anda gunakan adalah versi lama. Flash versi lama malahan membuat Disk Usage 100% pada Windows 10 dan versi awal Windows, terutama ketika Anda menggunakan browser Google Chrome. Jika Flash Anda versi lama, lakukan Update proses Update agar semuanya menjadi maksimal.
Untuk melihat versi Flash, Anda bisa cek lewat Google Chrome dengan mengetikkan “chrome://plugins” tanpa tanda kutip pada Address Bar Google Chrome maka akan terlihat versinya.



Mungkin Itu Saja tips Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10, 8.1, 8 dan 7 smoga bermanfaat untuk sobat semua.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10, 8.1, 8 dan 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel