Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Yang Baik dan Benar

Assalamualaikum.. Baru sempat ngeposting lagi nih sob.. Kali ini kita akan membahas masalah yang sering terjadi pada baterai, pernah tidak kalian ngalamin saat menggunakan laptop tiba-tipa belum ada peringatan baterai LOW laptop langsung mati atau sobat pernah baru aja ngecharge laptop 100% tapi cepat banget habis atau Low battery. Tentu hal seperti ini membuat kita ingin menganti baterai kita dengan yang baru namu disisi lain harga baterai juga tidak murah.. Tenang kali ini saya akan membagikan trik untuk bisa mengurangi atau mengatasi masalah itu sob, yaitu dengan cara KALIBRASI BATERAI.
Melakukan kalibrasi baterai laptop tidaklah sulit hanya butuh kesabaran karna waktu prosenya bisa makan waktu seharian. Ok kita langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini.
 


Langkah-langkah: 

1. Buka Power Options di Control Panel lalu buat Power Plan Baru.








2.kita beri nama power plan tersebut dengan nama "KALIBRASI BATERAI" lalu next.







3.Matikan opsiTurn Off Display dan Sleep Computer, ini bertujuan agar power baterai dipakai secara penuh dan benar-benar habis.Lihat gambar! kemudian klik Create


4.selanjutnya Klik Change plan settings seperti gambar dibawah




5.Kemudian klik "change advanced power setting"








6.Atur sesuai gambar lalu ok








7.Pilih dan gunakan Power Plan tersebut lalu charge baterai sampai benar-benar full 100%.

8.Setelah full 100%, cabut charger dan biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya.

9.Diamkan kira-kira 5-8 jam agar baterai benar-benar kosong

10.Setelah itu tancapkan lagi charger dalam keadaan laptop mati. Charge baterai hingga penuh lagi.

11.Kini laptop sobat sudah ter-kalibrasi.






Nb: Selama prses kalibrasi jangan gunakan laptop apa lagi dipakai buat main game. saran saya diamkan saja laptop lalu gunakan aplikasi video atau musik saja selainnya jangan.




Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop sobat akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat. Kini sobat dapatmengembalikan lagi pengaturan powerplan ke pilihan yang semula.Hasilnya bisa sobat cek dengan aplikasi Battery Care:KLIK DISINI




Jika sobat belum paham tentang langkah yang saya sebutkan tadi, sebaiknya baca lagi dari awal petunjuknya. Karena jika ada langkah-langkah yang ketinggalan atau tidak sesuai dapat menyebabkan wear level baterai sobat malah meningkat alias gatot. Tapi jangan takut asal sobat melakukan langkah-langkah sesuai yang saya tulis diatas saya yakin sobat smua akan berhasil. Pasti wear levelnya akan menurun sekitar 5% atau bahkan lebih. Dengan begitu daya didalam baterai kamu juga ikut meningkat.




Mungkin itu saja sob.. selamat mencoba dan tetap semangat.. :D

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel