Cara Defragment Hardisk (HardDrive) di Windows 10



Disk Defragment adalah suatu tool atau fitur bawaan dari Windows, yang mempunyai fungsi untuk mencari dan kemudian menata kembali file-file yang telah diacak atau berantakan yang tersimpan di masing-masing Hard Drive menjadi tertata rapi, sehingga performa Windows menjadi lebih cepat dan optimal dikarenakan file-file tersebut sudah tertata rapi pada tempatnya sehingga Windows tidak mempunyai beban berat untuk mencari atau membaca semua file yang tersimpan di Hardisk



Seiring berjalannya waktu, file-file pada komputer Anda akan mulai melambat disebabkan karena file-file yang tidak beraturan. Untuk mengatur kembali file Anda, harus melalukan defragmentasi agar bisa mengatur kembali file Anda dari yang sering dibuka sampai yang jarang dibuka, Berikut adalah cara dan kapan harus melakukan defragment pada Windows 10.
Pada Windows 10 seperti Windows 8 dan Windows 7, telah diatur otomatis pengaturan defragment file secara default akan berjalan setiap minggu. Namun pengaturan itu tidak selalu berjalan, jadi Anda harus secara manual melakukannya lewat fitur yang sudah disediakan.


Untuk Anda yang memakai Solid State Drive atau yang biasa disebut (SSD), Ingat ini berbeda dengan harddrive, SSD tidak perlu di defragment atau mengunakan software tambahan untuk mempercepat disk penyimpanan Anda.


1. Buka tools Defragment and Optimize Drives, cari dengan kata “Defragment" pada menu start.




2. Pilih Hard Drive Anda dan klik Analyze. Untuk melihat berapa persen tingkat fragmen pada drive anda.



















3. 

3. Kemudian Pilih "Optimize" untuk melakukan defragment harddisk


Proses ini akan memakan waktu sesuai dengan seberapa besar fragment yang ada pada hard drive sobat,  "Saya sarankan untuk tidak melakukan apa-apa saat melakukan defragment hardisk"


Ketika selesai Windows akan memberitahukan bahwa 0% terfragmentasi itu artinya bahwa harddisk anda telah selesai melakukan defragment atau Optimize harddisk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Defragment Hardisk (HardDrive) di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel